Kamis, 09 Februari 2017

Seragam Pramuka

Baik untuk selanjutnya saya akan membahas tentang seragam pramuka sesuai SK kwarnas Terbaru. 

Kalau seragam pramuka kita masih mengacu pada Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 226 Tahun 2007 mari cepat kita menggantinya dengan yang baru. Karena Seragam pramuka mengalami perubahan yang telah ditetapkan dalam Surat keputusan kwartir nasional nomor 174 Tahun 2012. Dimana dituliskan tentang penyelenggaraan pakaian seragam setiap anggota gerakan pramuka. 

Dari petunjuk penyelenggaraan tersebut ada beberapa perubahan mencolok antara seragam yang baru dengan seragam yang lama.

1. Pada seragam Pramuka Siaga putera maupun puteri, terdapat penambahan berupa list berwarna coklat tua pada bagian lengan dan saku.

2. Pada seragam pramuka Penggalang puteri sama dengan baju seragam untuk anggota putera yang dimana memamakai dua saku tempel di dada kanan dan kiri dan tidak terdapat lipatan melintang diatas dada. Sebelumnya baju seragam puteri tidak terdapat saku di dada dan terdapat lipatan di atas dada, atau baju seragam antara putera dan puteri mengenakan model pakaian yang berbeda.

3. Untuk semua anggota putri menggunakan setangan leher seperti setangan leher Putera dan menggunakan ring, yang dimana sebelumnya anggota puteri mengenakan Pita Leher.

4. Tutup kepala anggota puteri untuk tingkat Penggalang, Penegak, dan Pandega dengan tutup kepala berbahan laken/beludru. Sebelumnya menggunakan tutup kepala yang terbuat dari anyaman.

5.  Untuk anggota putera untuk tingkat Penggalang, Penegak, dan Pandega, adanya Penambahan saku timbul di kanan kiri celana dan saku tempel dibagian belakang kanan dan kiri yang jumlah sakunya sebanyak enam saku. Sebelumnya anggota putera mengenakan celana dengan  empat saku berupa dua saku dalam di samping kanan dan kiri serta dua saku lagi di belakang kanan kiri.


















Nah, bagaimana menurut kalian? Semakin keren dan lebih gagah kan. Dengan memakai seragam seperti itu bisa semakin meningkatkan rasa percaya diri dan membangkitkan semangat para Tunas muda di Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar